Sunday, August 07, 2005

Hemat Pangkal Kaya

Barusan gw abis masukkin sprei gw ke mesin cuci, tidak seperti ibu di sebelah kiri ini, yang mencuci pakai tangan. Gw bersyukur alhamdulillah banget dah, ada mesin yang namanya washing machine! Lumayan banget, walaupun tadi gw musti cuci 2 baju gw pake tangan juga, karena kalo pake mesin bisa rontok. Detergent itu bikin tangan kasar deh. Kasihan juga ya, pembantu-pembantu di rumah.. Karena ada pembantu, jadi ibu-ibu R.T. sekarang terbebas dari tugas mencuci dengan tangan. Karena ada mesin cuci, kita terbebas dari tugas mencuci dengan tangan. Bisa mampus gw kalo musti cuci seprei sendiri pake tangan. Besok kaga bisa nulis dah, tangan pegel semua. Kalo ga, paling cuma gw rendem. Huehehehe ga bakal bersih sampe kapan pun juga.

Masalahnya adalah di manakah aku akan menjemur cucianku? Dari kemaren, gw kerjanya "do the laundry". Semalem nyuci baju, pagi ini udah pada kering. Kaos kaki gw abis bo!! Ntar senen pake apa kalo ga ada kaos kaki. Trus tante gw nyuci handuk tadi pagi. Trus gw nyuci seprei, dan ntar mau nyuci celana-celana jeans. Aih.. kerja keras deh tuh mesin hari ini. Yang jadi bahan pemikiran juga adalah airnya. Ketinggian air di waduk Sydney itu kurang dari yang seharusnya. Airnya tinggal buat 3.5 tahun. Gila.. gw bakal 5.5 tahun belajar di sini, sisa 2 tahun gw mandi/cebok/minum pake apa ya? Musti cuci piring juga, cuci baju, buat masak, sirem taneman dll (Baca: planetark.com).

Setau gw, air di Jakarta juga defisit. Air laut udah merembes ke daratan, mencemari air tanah ga tau udah dari tahun berapa. Uh oh... what can we do?

Satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah mengurangi penggunaan air. Gw selalu peratiin orang-orang di toilet umum, keluarga gw, teman-teman gw dkk. Mereka rata-rata pakai air enak banget. Lagi sikat gigi, kerannya dibuka terus. Padahal airnya dipake juga ngga. Kalau cuci tangan, lagi pake sabun, karena habis makan ayam goreng (berminyak) jadi tentunya butuh agak lama biar bersih kan? Eh malah kerannya dibuka terus!! Liatnya bikin gemes! Gw bantuin matiin deh! Gw sendiri ya berusaha seminimal mungkin pakai air. Karena kita kan ga bisa menghasilkan air bersih, mau daur ulang air, bikin filter sendiri di rumah juga males kan.. Jadi ya hemat air aja(baca: mandi seperlunya hemat sabun & shampoo jg hehehehe, cuci muka 3x sehari, gosgig 2x sehari, minum air yang banyak, jangan lupa cebok kalo abis weewee atau poop, flush pake yang setengah kalo weewee, full kalo abis poop, mengurangi penggunaan air yang tidak dibutuhkan).

Hemat air, hemat biaya.. (jingle iklan hemat energi sebetulnya)

P.S.: berlaku juga untuk listrik, baju, makanan, bensin dan lainnya.

9 Fresh Bites:

At 2:02 PM, Blogger innocent rose munched...

oh! ternyata ada yah mush orang spt kamu?? ah aku juga mau ah!!

 
At 2:15 PM, Blogger nara charmyta munched...

ha? apa maksud lo, org kya gw????

 
At 6:39 PM, Blogger innocent rose munched...

iyah!! yang pusing dengan penggunaan air dengan hemat...yang turtu menyukseskan penghematan air, yang turut serta menyukseskan kesejahteraan di masa yang akan datang... huaaaaa mudh!! aku bangga!!

 
At 9:50 PM, Blogger nara charmyta munched...

muaahahahhahahaha.. lolzzz

cer.. cer... memangnya aneh?

 
At 3:40 AM, Blogger restinkindiculous munched...

madh,,,, kmu sekarang langsing ya,, putihan,, jadulan,, cewe'an,,,, trus rambutnya jadi keriting gt,,, kmu mirip I love lucy deh,,,,

 
At 9:00 PM, Blogger nara charmyta munched...

hihihi jd inget.. td temen gw, si john, bilang ke gw: u look thin! how come ar? so quick!!

sbnrnya ga kurus jg, mgkn pengaruh bayang2 malam. td dia ngomong pas udah jem 6 lwt, udah gelap. gw sih kyanya turun byk pas sakit. ya iyalah, org ga bs mkn! skrg napsu mkn memBESAR!

oh aku pusing

(hanya postingan singkat tp mls buka yg baru)

 
At 6:27 PM, Blogger innocent rose munched...

mudh nampakna lebih baik kamu buka pake internet explorer deh!! mengingat ternyata mozilla bener2 tidak mensuport semua html... blogna swasti juga mengalami hal yg sama stlh gw perhatikan!

 
At 7:18 AM, Blogger restinkindiculous munched...

madh,, sebenernya maksudku foto di postingan kmu yg langsing,,, hmmm tapi gpp lah klo kmu senang aku juga senang

 
At 10:03 PM, Blogger nara charmyta munched...

hahaha iya dam
aku tau..
kan cuma mo cerita

 

Post a Comment

<< Home